Hansi Effendi FT-UNP Lectures

Semester ganjil 2012-2013 akan dimulai pada Tanggal 27 Agustus 2012. Pada semester ini ada dua matakuliah yang saya bina, yaitu:

1. Mesin Listrik 2 (Teori)

2. Dasar Pemrograman & Algoritma (Praktek)

Model pembelajaran kedua matakuliah ini akan saya coba terapkan dengan cara blended/campuran antara pembelajaran face to face (f2f)/tatap muka di kelas dengan pembelajaran berbasis web (online learning) dengan bantuan blog. Semoga bisa memberi warna baru dalam pembelajaran kita nantinya dan kompetensi pembelajaran bisa tercapai.

Perkuliahan Juli-Desember 2010 dimulai pada tanggal 14 September 2010. Beberapa mata kuliah yang Saya ajarkan pada semester ganjil ini yaitu:

  1. Algoritma dan Dasar Pemrograman (Teori dan Praktikum)
  2. Mesin Listrik 1 (Praktikum)
  3. Elektronika Daya 1 (Praktikum)
  4. Elektronika Daya 2 (Praktikum)
  5. Dasar Keterampilan Komputer (Praktikum)
  6. Aplikasi Bahasa Inggris (Teori)

mathworksMata kuliah ini terdiri atas teori dan praktek. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro semester 6. Khusus untuk praktikumnya, bobotnya yaitu 1 sks atau 1×2×50 menit. Praktikum ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai perkembangan dan klasifikasi komputer, hardware, software, brainware, sistem operasi, dasar pemrograman, algoritma, struktur umum bahasa pemrograman (deklarasi, tipe data, statement masukan, statement logika, perulangan, array, prosedure, dan fungsi), dan pengenalan software simulasi pada bidang elektro seperti Matrix Laboratoty (Matlab), Electronic Workbench (EWB), dan PSpice.

Di akhir perkuliahan nantinya mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa studi kasus yang nantinya akan dipecahkan dengan menggunakan Matlab. Mahasiswa juga akan diberi Tugas Besar, di mana mahasiswa harus membuat sebuah program aplikasi bidang Teknik Elektro dengan menggunakan bahasa pemrograman Matlab.

mesinlistrikMata kuliah ini merupakan mata kuliah praktikum yang terdapat pada semester 4 dan ditawarkan untuk jenjang studi Pendidikan Teknik Elektro (S1). Mata kuliah praktikum ini memberikan keterampilan dan kemampuan analisis bagi mahasiswa mengenai karakteristik transformator (tes polaritas transformator 1 fasa, transformator tanpa beban dan hubung singkat 1 fasa, menentukan polaritas dan hubungan lilitan transformator 3 fasa, dan transformator berbeban 3 fasa), mengoperasikan motor induksi 3 fasa dengan saklar Y-D dan menyelidiki karakteristiknya, serta mengoperasikan mesin sinkron sebagai generator AC dan memahami karakteristiknya.

Praktikum mata kuliah ini dilaksanakan di Laboratorium Konversi Energi Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Peralatan yang digunakan untuk mata kuliah ini terdiri dari beberapa set alat percobaan (Merk: Terco). Dalam mengambil mata kuliah ini nantinya mahasiswa harus mengumpulkan 2 buah laporan, yaitu laporan awal yang dikumpul setiap akan melangsungkan praktikum, dan laporan akhir yang dikumpul 1 minggu setelah praktikum. Kemampuan yang diinginkan dari mahasiswa yaitu kemampuan menganalisis karakteristik mesin AC (transformator, mesin induksi, dan mesin sinkron) dan menjelaskannya dalam bentuk laporan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Algoritma dan Pemrograman Komputer. Mata kuliah ini ditawarkan untuk jenjang program D4 semester 2 di Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Selain teori di kelas, mata kuliah ini juga didampingi dengan mata kuliah praktikumnya agar mahasiswa dapat mengimplementasika langsung teori yang didapat di kelas.

Tujuan matakuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk dapat membuat program-program yang lebih kompleks dengan dasar mata kuliah Dasar Algoritma dan Pemrograman pada semester sebelumnya.

Bahasa pemrograman yang diajarkan pada mata kuliah ini yaitu bahasa C++. Pada mata kuliah ini akan dibahas lebih detail mengenai struktur bahasa C++ meliputi: struktur kontrol, array, fungsi, pointer, class, object oriented programming (oop), dst. Di akhir perkuliahan mahasiswa akan diberikan beberapa studi kasus untuk diselesaikan dengan bahasa pemrograman C++.

keep looking »